selamat datang

Selamat Datang di Blog Saya
Blog ini merupakan blog saya yang sangat sederhana yang berisikan informasi yang mungkin anda butuhkan.


SELAMAT MEMBACA

jangan Lupa ya Tinggalkan Pesan anda

Senin, 15 November 2010

kiat Belajar untuk memperoleh ilmu

            kalau difikir-fikir, ada gag seh Orang yang hobby belajar????? ehm, may be yes. may be no. hanya anda yang tahu akan diri anda. hehehehee.....
Saya fikir mungkin hanya sebahagian saja orang yang memiliki kegemaran belajar, ini terbukti ketika kita dalam proses belajar mengajar, tiba-tiba ada pengumuman dari guru bahwa hari ini kita cepat pulang, karena guru-guru akan mengadakan rapat. so, otomatis kita sebagai peserta didik akan bersorak kegirangan...... iya kan???? tapi mungkin itu hanya terjadi di proses belajar mengajar diluar sana, bukan ditempat kita.
         Tujuan belajar bukan untuk memperoleh nilai tinggi belaka dalam suatu mata pelajaran, tetapi untuk memperoleh ilmu sebanyak mungkin sebagai bekal bagi masa depan. Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan itu tentu saja dibutuhkan usaha yang sungguh-sungguh dan menerapkan target sukses belajar yang tepat.
     Belajar merupakan sebuah kegiatan yang berkesinambungan, sebuah proses yang berlangsung terus-menerus. Apa yang dipelajari kemarin adalah dasar dari yang dipelajari untuk hari ini. Apa yang dipelajari hari ini akan menjadi bekal untuk mempelajari ilmu yang lebih tinggi tingkatannya. 

Cara belajar yang efektif dan efisien agar meraih hasil maksimal
Berikut beberapa cara sukses dalam belajar yang dapat diterapkan:
  • Berdoa

    Jangan lupa mengawali dan mengakhiri kegiatan belajar dengan berdoa kepada Allah. karena Allah SWT yang akan menentukan apakah kita akan berhasil dalam proses belajar.



  •  Tetapkan tujuan 
Segala sesuatu harus memiliki tujuan, demikian pula dengan belajar. Belajar tanpa tujuan tak ubahnya orang yang berjalan tanpa arah. Apa tujuan Anda untuk belajar? Mendapat nilai bagus atau mempersiapkan diri untuk masa depan? Hanya untuk ulangan esok hari atau untuk bekal kehidupan selanjutnya? hanya anda yang tahu akan diri Anda.

  • Tetapkan cita-cita 
  • Memiliki cita-cita juga merupakan salah satu kiat sukses dalam belajar. Setelah menetapkan cita-cita hendak menjadi apa, tanamkan tekad yang kuat untuk meraih cita-cita tersebut. Lebih awal menentukan cita-cita maka akan lebih baik karena proses belajar akan lebih terarah. Adanya cita-cita yang pasti pun akan memudahkan ketika memilih jurusan di perguruan tinggi.  




 
  • Miliki motivasi

    Kiat sukses dalam belajar yang berikutnya adalah motivasi. Motivasi merupakan  faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi ini bisa datang dari dalam diri sendiri (disebut motivasi intrinsik), bisa pula datang dari luar diri (disebut motivasi ekstrinsik).

    Meskipun sama-sama mendorong, namun dorongan yang paling kuat  adalah dorongan yang datang dari dalam diri. Motivasi belajar bisa bermacam-macam, misalnya ingin mempertahankan prestasi semester lalu, ingin menyenangkan orang tua, ingin memperoleh beasiswa, ingin lulus dengan nilai yang baik, dan sebagainya. Motivasi yang kuat akan membuat bersemangat. Sebaliknya, motivasi yang lemah akan membuat malas.
     
  • Mengenali cara belajar yang cocok

    Cara belajar yang cocok bagi orang yang satu belum tentu cocok bagi orang yang lain.  Ada yang lebih cocok belajar sendiri di tempat yang sunyi, ada pula yang lebih cocok belajar secara berkelompok. Ada yang lebih suka belajar sambil mencoret-coret (menulis kembali, membuat diagram, skema, dan sebagainya), ada pula yang baru bisa belajar jika ada iringan musik (sebaiknya pilih musik instrumentalia yang lembut agar konsentrasi tidak terpecah).

    Ada yang lebih mudah belajar dengan cara membaca (visual), ada yang lebih mudah belajar dengan cara mendengar (audio), ada pula yang lebih optimal jika mengkombinasikan keduanya (belajar secara audio visual).
    Belajar dengan cara yang tepat akan memberikan hasil yang lebih memuaskan
    .Setelah mengetahui kiat-kiat sukses dalam belajar, maka sekarang waktunya untuk menerapkannya. Lakukanlah yang terbaik. Jadilah yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar