selamat datang

Selamat Datang di Blog Saya
Blog ini merupakan blog saya yang sangat sederhana yang berisikan informasi yang mungkin anda butuhkan.


SELAMAT MEMBACA

jangan Lupa ya Tinggalkan Pesan anda

Jumat, 26 November 2010

Trik Memompa Semangat belajar

            Tak bisa dipungkiri, semangat apabila dibiarkan tanpa adanya usaha untuk memompanya lama-lama akan mengendur juga. ibarat Balon yang diisi udara, lama-lama balon itu akan mengempes jika tidak ditambahi udara. hehehe..... kog semangat dibanding-bandingkan dengan balon seh,,, entahlah saya juga bingung kog bisa nulis yang seperti itu. hehehe yang pastinya kita akan membahas pentingnya memacu semangat belajar yang sudah mulai mengendur.
Semangat seseorang kadang-kadang saja bisa mengendur apabila mengalami bad mood,  Apalagi dengan seringnya kita mengalami kegagalan, kemunduran atau ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan, lambat laun apa yang sebelumnya kita tekadkan dengan sangat antusias, tidak mustahil akhirnya akan padam juga.
Lalu bagaimana solusinya supaya semangat kita tetap membara?
Ada beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk menyiasatinya:
1.        Bila semangat kita down, yang harus kita lakukan adalah mengingat kembali saat-saat awal kita ketika memulai sesuatu dengan begitu menggebu-gebu. Dengan demikian kita seakan mempunyai energi baru kembali seperti saat semula.
2.         Usahakan mengingat sebanyak mungkin keberhasilan-keberhasilan yang pernah kita raih (sekecil apapun itu), supaya kita tetap yakin bahwa sebenarnya kita mampu melakukan hal-hal besar melalui langkah-langkah kecil terlebih dahulu.
3.        Jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk memotivasi langkah kita selanjutnya, lakukan koreksi dan perbaikan secara bertahap mulai dari persiapan awal, pelaksanaan dan penyelesaian setiap kegiatan.
4.        Selalu melakukan evaluasi terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan rencana kerja kita, jangan biarkan setiap masalah menghalangi langkah kita untuk maju, tapi jadikan masalah sebagai sarana memperbanyak ilmu dan kreativitas kita dengan jalan mencari solusi untuk menyelesaikannya dan bukan menghindarinya.
5.        Buang jauh-jauh sipat putus asa dan mudah menyerah, tapi bentengi semangat kita dengan komitmen dan tekad baja terhadap cita-cita semula bahwasanya untuk menjadi seorang pemenang bukan karena  ia tak pernah jatuh melainkan tetap bangun dan berdiri tegak kembali setiap kali ia terjatuh...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar